Senyum Mona Lisa di Museum Louvre, Paris

Tempat Wisata di Paris

Salah satu pintu masuk utama. Pyramide du Louvre

Salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi di Kota Paris, apalagi Anda seorang “penggila” seni, adalah Museum Louvre. Museum Louvre adalah museum terbesar di dunia dan merupakan salah satu monumen bersejarah di Kota Paris. Saya jamin 100% tempat ini sungguh besar dan menyimpan puluhan ribu koleksi seni bersejarah.

Sekedar gambaran bagi para penjelajah dunia saat berkunjung ke Museum Louvre. Koleksi yang terdapat di Museum Louvre sekitar 65.300 barang seni dan koleksi seni tersebut membentang di koridor museum sepanjang 4.8 kilometer. Untuk benar-benar menikmati semua koleksi yang ada di tempat ini membutuhkan waktu sekitar 5 minggu.

Akan tetapi sayangnya saya bukanlah penggila seni yang mau menghabiskan 5 minggu di dalam museum sedangkan di Kota Paris sendiri berisi banyak sekali tempat wisata bersejarah dan berbagai karya seni yang tersebar di sudut-sudut kota.

Museum Louvre merupakan salah satu landmark dan tempat wisata Kota Paris. Lokasi Museum Louvre tepatnya agak ke sebelah timur dekat dengan Place de la Concorde. Dari Place de la Concorde, para penjelajah dunia cukup melintasi Rue de Rivoli untuk sampai ke Museum Louvre.

Museum Louvre mempunyai luas 60.600 meter persegi dengan koleksi yang dimulai dari masa prasejarah sampai dengan abad ke-21. Museum Louvre adalah museum kedua di dunia yang paling banyak dikunjungi turis lebih dari 6 juta pengunjung setelah museum di Kota Terlarang, Cina.

Museum Louvre terletak di Louvre Palace yang awalnya dibangun sebagai benteng pada abad ke-12 tepatnya tahun 1190. Pada abad ke-16, Louvre Palace mengalami rekonstruksi menjadi tempat tinggal keluarga kerajaan. Setelahnya pada tahun 1682, Raja Louis XIV pindah dan memilih tinggal di Château de Versailles meninggalkan Louvre sebagai tempat untuk menyimpan dan menampilkan koleksi kerajaan.

20140602_144048

Aphrodite of Milos

Museum Louvre pertama kali dibuka pada 10 Agustus 1793 di masa Revolusi Perancis dengan koleksi sekitar 537 lukisan, sebagian karya tersebut merupakan sitaan dari properti gereja. Koleksi Museum Louvre meningkat ketika Napoleon berkuasa dan sempat berganti nama menjadi Museum Napoleon.

Jika kita berkunjung ke Museum Louvre, sangat khas terlihat piramid yang terbuat dari kaca dengan ketinggian 21 meter dan dibuka pada 1 April 1989. Piramid ini merupakan salah satu bagian dari renovasi Museum Louvre pada tahun 1983 yang dirancang oleh I.M. Pei sebagai lobi bawah tanah dan pintu masuk utama menuju Museum Louvre.

Saat musim kunjungan wisata, terutama pada musim panas, antrian masuk ke museum ini bisa sangat panjang. Untuk tiket masuk Museum Louvre sekitar 12 euro per orang. Untuk anak-anak di bawah 18 tahun tidak perlu membayar. Untuk masuk ke museum terbesar di dunia bisa saja kita tersasar entah kemana atau tidak mengerti sebenarnya benda seni apa yang saat ini kita nikmati. Oleh sebab itu saya menyarankan untuk menyewa audio guide atau guide. Saya sendiri selain menyewa audio guide juga memilih untuk membeli buku yang mengulas koleksi Museum Louvre seharga sekitar 9 euro.

Jujur saja, saya mengetahui tentang apa itu Museum Louvre dari film yang berjudul Euro Trip (2004) dan The Da Vinci Code (2006). Tidak disangka 10 tahun kemudian saya akhirnya mempunyai kesempatan untuk berkunjung ke tempat ini.

Tempat Wisata di Paris

Kenang-kenangan bersama Mona Lisa dengan keluarga Andri dan Regina

Salah satu koleksi terkenal adalah The Mona Lisa atau La Gioconda. The Mona Lisa adalah foto lukisan Lisa Gherardini, salah satu anggota keluarga Gherardini di Kota Florence dan Tuscany di Itali, dan istri dari Francesco del Giocondo. Lisa Gherardini adalah model lukisan karya Leonardo da Vinci. The Mona Lisa adalah lukisan yang sangat terkenal dan menyedot lebih dari 6 juta pengunung setiap tahun.

Tidak ketinggalan salah satu karya indah yaitu Aphrodite of Milos atau dikenal sebagai Venus de Milo. Patung yang berasal dari jaman Yunani kuno dan merupakan salah satu karya yang paling terkenal dari patung Yunani Kuno. Patung ini dibuat antara tahun 130 dan 100 sebelum masehi. Aphrodite of Milos diyakini merupakan gambaran dari Dewi aphrodite, dewi cinta dan keindahan bangsa Yunani. Ukurannya sekitar 203 cm dan diyakini meruapakan karya Alexandros Antiokhia. Milos merupakan nama Pulau di Yunani dimana patung ini ditemukan.

IMG_6695.JPG

Ignas dan Sheren, membelakangi Place du Carrousel

Saya sendiri tidak bisa mengambarkan satu persatu karya-karya yang ada di Museum Louvre karena jujur saja ada banyak karya terkenal yang bisa ditemukan di sini. Diana of Versailles, Winged Victory of Samothrace, Apollo Sauroctonos, Venus and Cupid with a Satyr, The Coronation of Napoleon, St. John the Baptist, St. Michael dan lain-lain. Singkat cerita saya ingin agar para penjelajah dunia sendiri bisa datang dan menikmati berbagai koleksi di Museum Louvre.

Salam, Jelajah Dunia

Advertisements

2 comments

  1. […] Meski jadul, mereka terlihat lebih abadi dan dikagumi dari masa ke masa. Lukisan The Mona Lisa di Museum Louvre contohnya, dikagumi dari masa ke masa dan jutaan orang berbondong-bondong datang […]

    Like

  2. […] tidak nyaman. Salah satunya gelombang pelecehan seksual di Jerman dan berbagai teror berdarah di Perancis, Belgia dan Jerman. Orang Eropa kemudian tidak lagi berpikir rasional, mereka kemudian menjadi […]

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: