Keindahan Alam Kota Haines, Alaska

Tempat Wisata di Alaska

Pemadangan di Kota Haines

Tempat wisata tidak hanya menawarkan cerita sejarah atau budaya unik di suatu daerah. Tempat wisata juga bisa berupa alam indah yang dirawat dengan baik. Salah satu tempat indah yang sempat saya kunjungi di Alaska adalah Kota Haines.

Kota Haines sendiri bukanlah kota besar seperti Kota Paris di Perancis, Kota Ensenada di Mexico, Kota Hilo di Hawai’i, Kota Istanbul di Turki, atau Kota Catania di Itali. Kota Haines adalah kota kecil dengan populasi penduduk sekitar kurang lebih 3.000 orang.

Meski kota kecil ini dihuni sekitar 3.000 orang tetapi luas keseluruhan wilayah ini sekitar 55.8 kilometer persegi dengan luas perairan 20.8 kilometer persegi dan luas daratan 35 kilometer persegi.

Tempat Wisata di Alaska

Kota Haines terletak di Haines Borough, Alaska dan merupakan bagian utara dari Alaska Panhandle dekat dengan salah satu tempat wisata terkenal di Alaska yaitu Taman Nasional Glacier Bay. Taman Nasional Glacier Bay lokasinya berdekatan dengan Kota Juneau. Sama seperti kota-kota di Alaska pada umumnya, Kota Haines berdiri pertama kali ketika demam emas melanda wilayah Alaska.

Tempat Wisata di Alaska

Pertama kali menginjakkan kaki di kota ini saya langsung jatuh cinta dengan keindahan alam di tempat ini. Saya berkunjung ke tempat ini saat musim panas ketika tanaman mulai tumbuh dan bunga kembali bermekaran. Di kanan kiri jalan saat saya menapaki Kota Haines, banyak tumbuh bunga-bunga liar dan tanaman yang indah.

Tempat Wisata di Alaska

Alam di kota ini indah karena masyarakat benar-benar serius menjaga alamnya dan didukung oleh peraturan yang sangat ketat. Pada dasarnya kota-kota di seluruh negara bagian Alaska sangat serius dalam memelihara dan menjaga alam.

Sebelum saya masuk ke wilayah Alaska, ada pelatihan khusus mengenai peraturan di tempat ini. Aturan tersebut harus serius dilaksanakan karena jika abai mengikutinya maka hukuman serta denda besar menanti para pengunjung di wilayah ini. Pelatihan ini juga berfungsi sebagai pedoman saya sekaligus pedoman bagi para tamu yang datang berkunjung di Alaska.

Tempat Wisata di Alaska

Penduduk asli Indian di tempat ini sangat menjaga kelestarian lingkungannya. Salah satu contoh adalah memetik bunga atau daun merupakan tindakan ilegal. Selain itu tidak boleh sembarangan memancing ikan terutama salmon meski kita melihat ada jutaan ikan berenang di danau tersebut.

Intinya apa yang ada di alam, biarkan di alam. Mengutip motto Baltimore, “Take nothing but pictures. Leave nothing but footprints. Kill nothing but time“.

Bagi yang ingin mengunjungi Alaska ada baiknya membaca aturan tersebut website ini http://www.adfg.alaska.gov/.

Tempat Wisata di Alaska

Negara bagian Alaska, khususnya Haines, sangat menjaga kelestarian alamnya karena kebanyakan tempat wisata di Alaska adalah tempat wisata alam. Salah satu kegiatan yang menarik di Kota Haines di Bulan November adalah festival tahunan Alaska Bald Eagle.

Dari bulan September sampai awal Desember, kota ini dikunjungi oleh lebih dari 3.500 elang botak di lembah Sungai Chilkat. Di Sungai Chilkat ini, elang botak berpesta pora menyatap ribuan salmon yang berenang di sungai ini. Pada bulan-bulan inilah banyak sekali wisatawan yang berkunjung dari seluruh dunia untuk menyaksikan peristiwa migrasi elang botak. Elang botak adalah burung nasional Amerika Serikat.

Bisa kita bayangkan jika ikan salmon di alam di eksploitasi besar-besaran maka tentu saja elang botak tersebut tidak mempunyai alasan untuk datang ke kota ini atau bahkan tidak mempunyai makanan yang cukup. Pada akhirnya tidak ada hal unik yang akan dijual bagi pengunjung yang ingin menikmati Haines.

Selain menikmati wisata alam, para wisatawan juga dapat menikmati berbagai tour yang menjual keindahan alam Alaska. Selain menikmati elang botak, saya juga sempat melihat dari kejauhan beruang yang sedang mencari makan di sungai. Selain itu, hiking, kayak atau sekedar menjelajahi glacier adalah kegiatan yang saya sukai ketika mengunjungi kota ini.

Tempat Wisata di Alaska

ATV Haines Crew Tour. Picture of Crew Tour Ms. Zaandam

Salah satu tour yang sangat menarik yang saya ikuti saat itu adalah ATV (All Terrain Vehicle) tour bersama dengan rekan kerja di Ms. Zaandam. Kami berkeliling melintasi hutan-hutan di Haines dengan ATV dan tidak sedikit juga kekonyolan yang kami lakukan di sana. Tetapi terlepas dari itu semua, pengalaman menjelajahi Haines sungguh luar biasa.

Di kota ini juga menjual berbagai cenderamata kerajinan tangan penduduk asli Alaska. Serta di sini juga saya menemukan berbagai galeri-galeri seni dan museum.

Selain itu di kota ini banyak juga banyak ditemukan restoran, cafe dan bar. Salah satu restoran yang pernah saya kunjungi di tempat ini adalah Bamboo Room Restaurant and Pioneer Bar. Di sini tersedia sarapan, makan siang dan makan malam. Salah satu menu kesukaan saya adalah Halibut Fish and Chips. Kebanyakan restoran yang menyediakan hidangan laut berasal dari perairan sekitar Haines sehingga kesegarannya tidak diragukan lagi.

Tempat Wisata di Alaska

Perayaan puncak Kemerdekaan RI di atas Kapal Ms. Zaandam

Di kota ini saya sering bermain bola bersama dengan rekan kerja dari berbagai kewarganegaraan dan bahkan saya bersama dengan Amin Suprianto (Human Resource Officer) merancang pertandingan bola untuk memeriahkan perayaan 17 Agustus. Bersama dengan Samantha Brown (Event Manager) kami merancang pertandingan dan mengajak sebanyak mungkin crew untuk ikut serta memeriahkan berbagai perlombaan. Perayaan puncak kemerdekaan tersebut jatuh di Kota Juneau.

Tempat Wisata di Alaska

Alaska bagi saya tidak hanya menawarkan sejuta keindahan alam dan pengalaman luar biasa. Akan tetapi pengalaman di Alaska merupakan sebuah pengalaman bagaimana setiap orang berjuang untuk merawat alam dan menjaganya agar tetap alami. Percuma sebuah peraturan dibuat jika masyarakat tidak mempunyai pola pikir berkelanjutan.

Kota Haines adalah bukti nyata bahwa menjaga dan melestarikan alam juga dapat memberikan kesejahteraan bagi masyarakat.

Salam, Jelajah Dunia

Advertisements

One comment

  1. […] peringatan kemerdekaan Indonesia di negeri orang dan dengan bangga melihat merah putih berkibar di Alaska. Inilah foto-foto acara 17 Agustus di Ms. […]

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: