10 Tempat Wisata di Juneau, Alaska

Tempat Wisata di Alaska

Tracy Arm Sawyer Glacier

Pernah mendengar pepatah “Tutte le strade portano a Roma” atau dalam bahasa inggris “All roads lead to Rome“. Secara harafiah, kata tersebut tidak berlaku untuk Kota Juneau di Alaska. Pada dasarnya Kota Juneau tidak dapat ditempuh dengan menggunakan jalan darat.

Ibu kota Alaska ini hanya bisa dicapai lewat laut atau udara. Kota Juneau secara geografi terletak di bagian selatan Alaska Panhandle dan dengan bentang alam yang sulit maka mustahil membuat jalan penghubung ke kota ini.

Meskipun Kota Juneau hampir mustahil ditempuh lewat jalan darat, tetapi kota ini juga merupakan ibu kota Alaska sekaligus menjadi kota pelabuhan tersibuk di dunia.

Setiap tahunnya jutaan turis berkunjung ke kota ini dengan menggunakan kapal pesiar. Dan dengan seiringnya jutaan pengunjung maka para penjelajah dunia akan dimanjakan oleh banyaknya tempat wisata menarik di kota ini yang wajib untuk dikunjungi.

Saya memilih 10 tempat wisata dan berbagai kegiatan yang wajib dikunjungi dan dilakukan oleh para penjelajah dunia di Kota Juneau.

1. Mendenhall Glacier

Tempat Wisata di Alaska

Danau Mendenhall.

Mendenhall Glacier adalah salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi ketika berada di Juneau Alaska. Mendenhall Glacier tidak terlalu jauh dari pusat Kota Juneau hanya berjarak sekitar 20 kilometer.

Untuk menuju Mendenhall Glacier bisa ditempuh dengan berjalan kaki, bersepeda atau menggunakan bis. Saya pernah mencoba berjalan kaki menuju ke tempat ini menempuh waktu hampir 5 jam. Akan tetapi bisa juga menggunakan akses transportasi umum seperti bis hanya 30 menit dari pusat kota. Saya juga pernah bersepeda dari pusat kota ke Mendenhall Glacier dengan waktu tempuh sekitar 1 jam sampai 1.5 jam.

Saya pribadi merekomendasikan menggunakan sepeda dan saya jamin para penjelajah dunia akan melewati tempat-tempat yang indah dalam perjalanan menuju Mendenhall Glacier. Makanya tidak heran dalam perjalanan menuju Mendenhall Glacier saya kerap kali berhenti untuk menikmati keindahan alam di Alaska.

Untuk menikmati Mendenhall Glacier, para penjelajah dunia bisa menuju langsung ke visitor center. Di tempat in para penjelajah dunia bisa langsung melihat Mendenhall Glacier seperti menjulur langsung ke danau dan dihiasi gunung-gunung berselimutkan salju di kanan kirinya

Tempat Wisata di Alaska

Salah satu tur dengan helicopter ke Lapangan Es Mendenhall Glacier. Courtesy of Chris Fisher

Lapangan es yang membentang di Mendenhall Glacier mempunyai panjang sekitar 20 kilometer dengan lebar 1.5 kilometer. Dan bagi penjelajah dunia yang tertarik untuk melihat hamparan lapangan es yang luas bisa ikut tur dengan helikopter melihat langsung dan bahkan menginjakkan kaki di atas es Mendenhall.

Di tempat ini, para penjelajah dunia selain dimanjakan oleh keindahan Mendenhall Glacier, para penjelajah dunia juga bisa berjalan kaki berkeliling melintas tepian Danau Mendenhall dan tiba di Air Terjun Nugget yang terletak di sisi kiri Mendenhall Glacier.

Saya jamin tempat ini akan memukau Anda karena selain menikmati keindahan alam di sekitar Mendenhall Glacier, para penjelajah dunia juga dimanjakan dengan banyaknya rusa yang berlarian atau mencari makan di pinggiran danau.

Kegiatan alam yang bisa dilakukan di tempat ini selain mengekplorasi alam serta menikmati berbagai satwa yang hidup di sekitarnya, para penjelajah dunia juga bisa ikut kegiatan alam seperti arum jeram atau kayak di Danau Mendenhall yang sangat dingin.

Untuk itu saya sangat merekomendasikan untuk mengunjungi Mendenhall Glacier bagi para penjelajah dunia ingin menikmati keindahan alam, atau mencari petualangan di Alaska.

Tempat Wisata di Alaska

Air Terjun Nugget di Mendenhall Glacier. Sumber: http://www.ktoo.org/2013/08/06/nugget-falls/

2. Tracy Arm Fjord

Tempat wisata di Alaska

Berkunjung ke Tracy Arm Sawyer Glacier

Kata Fjord sendiri dipahami sebagai sebuah kanal celah sempit atau jalan masuk yang panjang dari laut dengan kanan kirinya berupa tebing-tebing. Tracy Arm Fjord adalah salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi.

Dinding-dinding besar Tracy Arm Fjord naik hampir tegak lurus dari dalam air dan membentuk tebing berbatu berhiaskan pohon-pohon yang menjorok keluar. Pada musim dingin area ini ditutupi oleh es dan pada musim panas terlihat berbagai pecahan es dari sekepal tangan sampai sebesar rumah.

Tracy Arm Fjord terletak sekitar 72 kilometer di bagian tenggara Kota Juneau. Dan di tempat ini para penjelajah dunia bisa melihat berbagai pemandangan spektakuler seperti air terjun yang mengalir di dinding tebing berbatu dan berbagai bongkahan es kecil yang berjatuhan dari tebing.

Tempat Wisata di Alaska

Perjalanan mengarungi Tracy Arm Fjord

Di sini juga tidak ketinggalan bisa melihat berbagai satwa liar di kiri kanan Tracy Arm Fjord seperti beruang hitam, beruang coklat, dan rusa. Tidak ketinggalan parapenjelajah dunia akan dimanjakan dengan manuver elang botak, burung camar arctic dan merpati di atas air. Jika beruntung para penjelajah dunia juga bisa melihat paus dan anjing laut yang beratraksi dari dalam air.

Tentu saja untuk mengunjungi tempat ini, para penjelajah dunia harus menggunakan kapal. Ada banyak agen tur yang menyediakan tur menuju tempat ini atau bisa juga dengan menggunakan kapal pesiar.

Saya mengunjungi tempat ini menggunakan kapal pesiar. Bagi para penjelajah dunia yang berencana menggunakan kapal pesiar bisa duduk dengan santai di skydeck sambil menyantap makanan dan minuman hangat.

Tempat Wisata di Alaska

Moose. Courtesy of Chris Fisher

3. Kayak dan Kano

Tempat Wisata di Alaska

Kayak di Juneau. Courtesy of Chris Fisher

Kayak dan Kano adalah kegiatan yang tentu saja wajib dilakukan oleh para penjelajah dunia di Juneau. Berkayak dan berkano bagi saya memang menguras tenaga tetapi kepuasan yang diperoleh sungguh luar biasa.

Suatu kali saya pernah berkano dan melihat dua paus pembunuh dengan pertunjukkan alami di alam. Dan itu adalah pengalaman luar biasa yang perlu Anda lakukan di tempat ini.

Ada banyak tur dengan kayak dan kano yang bisa para penjelajah dunia temukan di Juneau. Kamu bisa mengunjungi sambil berkayak di Danau Mendenhall dan mengunjungi Mendenhall Glacier. Para penjelajah dunia juga bisa berkayak ke Admiralty Island dan melihat langsung habitat beruang coklat atau salah satu yang kita kenal dengan sebutan grizzly bear di Pack Creek Brown Bear Viewing Area.

Tempat Wisata di Alaska

Pulau Admiralty di Alaska. Courtesy of Chris Fisher

Tidak ketinggalan juga penjelajah dunia bisa mengujungi Juneau Channel Islands State Marine Park. Tur ini menyajikan sejuta keindahan alam seperti pemandangan glacier biru, hutan dan puncak pegunungan yang berselimutkan salju. Dan di sepanjang perjalanan berkayak bisa melihat langsung satwa liar seperti elang botak, paus bungkuk, pesut atau singa laut.

4. Taman Nasional Glacier Bay

Tempat Wisata di Alaska

Salah satu beruang hitam di habitat alaminya di Alaska. Courtesy of Chris Fisher

Taman Nasional Glacier Bay adalah salah satu taman nasional terbesar di Alaska. Taman Nasional ini mencakup wilayah seluas lebih dari 12.000.000 meter persegi.

Pada tahun 1800-an, Taman Nasional Glacier Bay adalah glacier yang sangat besar dengan ketebalan ribuan meter. Akan tetapi sayangnya dengan berbagai perubahan iklim maka banyak dari es tersebut mencair dan menyisakan 16 glacier. Salah satunya adalah Mendenhall Glacier.

Taman Nasional Glacier Bay adalah tempat bagi berbagai satwa liar salah satunya paus bungkuk dan paus pembunuh. Oleh sebab itu Taman Nasional Glacier Bay adalah tempat wisata yang kerap dikunjungi oleh banyak orang untuk melihat berbagai mamalia laut di dalamnya.

Di sini juga bisa ditemukan berbagai satwa liar seperti rusa, beruang, srigala, kambing gunung serta burung laut. Saya menyarankan mengunjungi Taman Nasional Glacier Bay dengan menggunakan kapal pesiar karena para penjelajah dunia bisa lebih puas menikmati keindahan Taman Nasional Glacier Bay dari atas kapal.

Jangan lupa untuk selalu menyiapkan teropong Anda. Saja jamin, Anda tidak akan berhenti untuk selalu melihat kejutan di Alaska.

5. Mount Roberts Tramway

Tempat Wisata di Alaska

Mount Roberts Tramway

Salah satu tempat wisata di Kota Juneau yang perlu dikunjungi oleh para penjelajah dunia adalah Gunung Roberts. Untuk menuju ke tempat ini, ada dua cara yaitu berjalan kaki melewati rute pendakian dekat dengan museum tambang atau mengambil jalan pintas dengan tram.

Tram ini mempunyai panjang sekitar 550 meter yang membentang dari pelabuhan kapal pesiar menuju Gunung Roberts. Dalam perjalanan mendaki menuju Gunung Roberts, saya disuguhkan pemandangan hutan hujan, pusat Kota Juneau dan tentu saja Selat Gastineau.

Kegiatan yang bisa dilakukan di Gunung Roberts adalah mengunjungi Juneau Raptor Center. Juneau Raptor Center adalah tempat penangkaran sekaligus rumah sakit bagi 150 burung pemangsa dan burung-burung lainnya sepanjang tahun. Di tempat ini juga saya menemukan berbagai program edukasi yang mendidik para pengunjung serta berbagai informasi tentang kekayaan alam yang ada di Alaska.

Tempat Wisata di Alaska

Selat Gastineau. Courtesy of Christ Fisher

Satu kegiatan yang menarik minat para penjelajah dunia yang mengunjungi tempat ini adalah mendaki. Anda bisa mendaki langsung dari kaki gunung tanpa menaiki tram menuju puncak atau bisa menggunakan tram dan melanjutkan pendakian ke puncak.

Jika para penjelajah dunia berkunjung pada awal musim panas, mungkin Anda adalah salah satu orang yang beruntung yang bisa menikmati salju yang masih menyelimuti Gunung Roberts dan bermain seluncur salju.

Akan tetapi bukan berarti di musim panas para penjelajah dunia tidak menemukan hal hal menarik di tempat ini. Para penjelajah dunia juga bisa melihat berbagai flora dan fauna yang ada di sini sekaligus menikmati keindahan alam Alaska dari puncak gunung.

Tempat Wisata di Alaska

Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan di Gunung Roberts adalah berseluncur di Salju

Bagi para penjelajah dunia yang tertarik untuk menikmati sensasi menaiki tram di Kota Juneau seharian, cukup merogoh kocek USD 33 untuk dewasa atau USD 16 untuk anak-anak berumur 6-12 tahun. Untuk balita masih bisa menikmati tiket gratis menaiki tram ini.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai tram sekaligus berbagai aktivitas dan hal-hal menarik yang bisa dilakukan di Gunung Roberts, para penjelajah dunia bisa menghubungi kontak dibawah ini.

GOLDBELT MOUNT ROBERTS TRAMWAY
(888) 461–8726
Tramway Information
490 S Franklin Street
Juneau, AK 99801

Tempat Wisata di Alaska

Mount Roberts Tram. Courtesy of Chris Fisher

6. Alaska Brewing Company

Tempat Wisata di Alaska

Alaskan Brewing Company

Bagi para pecinta bir, tidak ada salahnya untuk berkunjung ke sebuah perusahaan pembuatan bir di Alaska bernama Alaskan Brewing Company. Biasanya para turis yang berkunjung ke tempat ini ingin merasakan pengalaman berbeda di setiap pelabuhan di Alaska.

Rata-rata pelabuhan di Alaska mempunyai kemiripan yaitu banyaknya toko-toko yang menjual berbagai pernak-pernik cenderamata. Nah bagi para penjelajah dunia, mengunjungi Alaskan Brewing Company adalah pengalaman yang istimewa karena Anda bisa langsung melihat pembuatan bir, penggemasannya dan pendistribusiannya.

Alaskan Brewing Company tidaklah jauh dari pusat Kota Juneau hanya sekitar kurang lebih 10 kilometer dan berdiri di atas tanah seluas lebih dari 4.000 meter persegi. Alaskan Brewing Company menyediakan tur gratis buat Anda sekaligus diberi kesempatan untuk mencicipi bir seharga USD 5 per orang di bar yang khusus disediakan untuk para turis yang berkunjung ke Alaskan Brewing Company.

Tempat Wisata di Alaska

Salah satu pekerja sedang memeriksa kualitas produksi bir Alaska yang terkenal. http://shipsandtripstravel.com/

Pada dasarnya para penjelajah dunia sudah disediakan shuttle bus Liquid Alaska Tour di pusta Kota Juneau. Cukup dengan membayar sekitar USD 20 maka Anda diantar langsung pulang pergi ke Alaskan Brewing Company sekaligus tiket tersebut termasuk mencicipi bir lezat Alaska.

7. Museum Tambang Juneau

Tempat Wisata di Alaska

Jangan lewatkan salah satu tempat wisata yang banyak dikunjungi di Kota Juneau adalah Alaska Juneau Gold Mining Company. Sebuah tambang yang dioperasikan pada tahun 1912 sampai 1944.

Tambang ini sekarang menjadi museum dengan bangunan yang berkarat dan peralatan-peralatan tuanya. Penanggungjawab dan pengelola dari museum ini adalah Gastineau Channel Historical Society yang bertugas untuk menjaga serta merawat museum tambang ini.

Di museum tambang terakhir ini para penjelajah dunia bisa melihat salah satu dari kompresor udara terbesar di dunia yang dibangun pada tahun 1912 dan lokomotif listrik.

Untuk mencapai tempat ini, para penjelajah dunia bisa saja berjalan kaki dari pusat Kota Juneau menuju arah pendakian ke Gunung Juneau. Saya merekomendasikan untuk berjalan kaki karena Anda bisa sekaligus menikmati keindahan alam.

Jika Anda beruntung seperti saya, mungkin Anda akan berjumpa dengan beruang hitam yang sedang mencari makan di tepi jalan.

Tempat Wisata di Alaska

Pemandangan Alam indah dalam perjalanan menuju bekas pertambangan di Kota Juneau

8. Museum Negara Bagian Alaska

Tempat Wisata di Alaska

Alaska Brown Bear

Buat para penjelajah dunia yang ingin mengetahui apa saja yang bisa ditemukan di Alaska dengan berbagai flora dan fauna serta budayanya. Anda bisa berkunjung langsung ke Museum Alaska di Kota Juneau.

Museum Alaska di Kota Juneau merupakan museum negara bagian Alaska. Di tempat ini berisi berbagai macam koleksi yang berasal dari berbagai tempat di negara bagian Alaska. Museum Alaska mewakili berbagai ragam budaya dan berbagai catatan sejarah yang kaya dari wilayah Alaska.

Museum Alaska mempunyai tujuan untuk mengumpulkan dan melestarikan sekaligus menjadi pusat pendidikan. Koleksinya pun tidak tanggung-tanggung. Para penjelajah dunia bisa melihat di tempat ini terdapat lebih dari 32.000 katalog yang terdiri atas berbagai bahan tentang penduduk asli Alaska, artifak-artifak bersejarah, seni dan berbagai spesimen-spesimen makhluk hidup.

Tempat Wisata di Alaska

Dengan banyaknya koleksi-koleksi yang ada di museum ini, maka tidak heran jika museum ini dibagi menjadi 11 segmentasi.

Segmentasi tersebut antara lain; Russia-America, Perang dunia II di Alaska, Pertahanan Sipil dan Perang Dingin, Koloni Matanuska, Industri Pariwisata, Penerbangan Awal, Pabrik Pengalengan dan Perikanan, Kegiatan Misionaris, Pemerintahan Teritorial dan Sistem Peradilan, Lukisan Abad 19 dan Awal Abad 20 dan Peralatan Teknologi Navigasi di Alaska.

Bagi para penjelajah dunia yang mengemari sejarah. Ada baiknya tidak melewatkan Museum Alaska yang menyajikan segudang pengetahuan tentang Alaska.

Untuk informasi secara lengkap mengenai Museum Alaska, para penjelajah dunia bisa langsung datang ke tempat ini atau bisa menghubungi terlebih dahulu kontak di bawah ini. Jangan lewatkan salah satu tempat wisata yang bisa membuat Anda semakin melihat betapa kaya dan beragam serta indahnya Alaska.

ALASKA STATE MUSEUM (JUNEAU)
395 Whittier Street
Juneau, AK 99801
Tel: 907.465.2901
Fax: 907.465.2151

9. Zipline & Aerial Adventure Parks

Tempat Wisata di Alaska

Zipline salah satu kegiatan alam yang menarik dan menantang. Courtesy of Martin Crew Activities Ms. Zaandam

Bagi para penjelajah dunia yang menggemari petualangan. Jangan lupa lewatkan aktivitas yang menantang dengan Zipline. Saya merekomendasi bagi para pengemar adrenalin dan dijamin tidak mengecewakan.

Sebelum melakukan kegiatan Zipline, saya sebelumnya diberikan berbagai pengetahuan tentang tali temali, keamanan dan keselamatan serta pengenalan alat-alat. Tentu saja Zipline adalah aktivitas alam yang beresiko tetapi dengan berbagai alat-alat yang berkualitas, saya jamin Zipline selain menjadi pengalaman yang menantang juga aman untuk dilakukan.

Selain itu Zipline tidak hanya bergelayut dari satu pohon ke pohon yang lain. Tur ini juga dipadukan dengan berbagai informasi tentang Alaska. Satu hal yang menarik, saya juga diajak berkeliling melihat indahnya hutan hujan di Alaska.

Sebelum diantar menuju ke lokasi, saya pergi dengan kapal kecil melintas Selat Gastineau. Dalam perjalanan tersebut, tidak henti-hentinya pemandu wisata memberikan berbagai penjelasan tentang hal-hal menarik selama perjalanan sehingga saya jamin kegiatan alam ini tidaklah membosankan.

Silakan mencoba, siapa tau Anda adalah salah satu orang yang beruntung melihat burung nasional Amerika Serikat yaitu elang botak yang sedang mencari mangsa di Selat Gastineau.

Tempat Wisata di Alaska

Elang Botak di Alaska. Courtesy of Chris Fisher

10. Mengamati Paus Bungkuk dan Paus Pembunuh

Tempat Wisata di Alaska

Paus Bungkuk. Courtesy of Chris Fisher

Ada dua alasan utama kenapa para penjelajah dunia berkunjung ke Alaska. Pertama ingin melihat glacier dan kedua melihat paus. Bagi saya, Alaska adalah tempat terbaik bagi yang ingin melihat langsung mamalia terbesar ini.

Para penjelajah dunia bisa melihat langsung Paus Bungkuk atau Paus Pembunuh di Juneau karena dua jenis paus ini adalah yang paling umum dijumpai di Alaska saat mereka berimigrasi menuju perairan tenang di Selat Gastineau. Di perairan ini banyak sekali dijumpai udang dan ikan kecil yang menjadi makanan bagi Paus Bungkuk.

Waktu terbaik untuk berkunjung melihat atraksi paus di alam dari bulan Mei sampai September dan tentu saja banyak agen tur yang menyediakan paket tur menonton langsung Paus Bungkuk dari atas perahu.

Selain itu, tur ini tidak hanya menyediakan pengalaman melihat atraksi paus bungkuk tetapi juga Anda akan menikmati pemandangan indah di Selat Gastineau atau Mendenhall Glacier.

tempat wisata di alaska

Salam dari Gunung Roberts, Juneau, Alaska

Selamat menikmati keindahan Kota Juneau Alaska. Dan Jangan lupa untuk para penjelajah duniaselalu menjaga kelestarian alam di Alaska. Tidak boleh memetik bunga, membuang sampah, mengotori lingkungan, memancing tanpa ijin atau menggangu binatang liar. Jika melanggar hal itu, siap-siap saja merogoh kocek yang banyak untuk membayar denda.

Salam, Jelajah Dunia

 

 

 

 

Advertisements

8 comments

  1. […] Identitas itu tetap melekat dan kecintaan serta kerinduan terhadap tanah air masih ada meski lautan memisahkan. Bahkan, ketika perayaan ulang tahun kemerdekaan Indonesia ke 64, saya juga turut merayakannya di Kota Juneau, Alaska. […]

    Like

  2. […] saat itu Russia menjual Alaska dengan harga USD 7.200.000,- atau setara dengan USD 4.74 per kilometer persegi. Awalnya ketika […]

    Like

  3. […] ini melewati gunung-gunung dan tebing-tebing berselimutkan salju. Saat itu saya masuk ke alam liar Alaska dengan berbagai macam flora dan fauna di dalamnya, melihat gunung-gunung bersalju saat kereta […]

    Like

  4. […] berupa alam indah yang dirawat dengan baik. Salah satu tempat indah yang sempat saya kunjungi di Alaska adalah Kota […]

    Like

  5. […] Saya juga baru mengetahui kalau burung pinguin tidak hidup di Kutub Utara. Habitat burung pinguin ada di Kutub Selatan. Salah satu alasannya adalah di Kutub Utara banyak predator. Salah satu predator yang terkenal di tempat ini adalah beruang kutub (polar bear). Saya sendiri tidak melihat beruang kutub secara langsung saat berkunjung di sini. Saya malah melihat beruang kutub pertama kali di Kota Barrow, Alaska. […]

    Like

  6. […] saya, Kota Juneau, Alaska adalah kota pertama saya bisa merasakan salju dan melihat salju, Kota New York adalah kota pertama […]

    Like

  7. […] 245 meter. Ada dua pilihan untuk menuju Kota Fira di Pulau Santorini. Pilihan Pertama adalah dengan cable car dan kedua melewati anak tangga berliku yang berjumlah 600 anak tangga. Jika menggunakan […]

    Like

  8. […] pernah bertanya. Bagaimana saya memperoleh berbagai informasi tentang kondisi Gunung Juneau di Alaska untuk memulai pendakian jika saya tidak bertanya terlebih dahulu. Atau bagaimana saya bisa […]

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: