Menikmati Tempat Wisata Alam di Skagway, Alaska, USA

Tempat Wisata di Alaska

Ketika mengingat kembali salah satu tempat wisata di Alaska, membawa saya kepada ribuan kisah-kisah luar biasa yang muncul dan seakan bercerita kembali melintasi waktu. Inilah Skagway, sebuah kota kecil di Alaska dengan berbagai macam tempat wisata alam di dalamnya.

Kota Skagway disebut juga kota musiman. Maksudnya musiman karena kota ini lebih ramai dan hidup saat musim panas. Ketika musim dingin tiba, sebagian besar penduduknya melarikan diri dari hawa dingin ke kota lain yang lebih hangat.

Saat saya mengunjungi Skagway di tahun 2008, penduduk lokal kota ini masih di bawah 1.000 orang tetapi saat musim panas penduduknya bisa berkali-kali lipat karena harus berurusan dengan pengunjung yang hampir menyentuh satu juta pengunjung.

Tempat Wisata di Alaska

Kalau pernah membaca novel Guardian dari Joe Haideman atau buku The Call of the Wild dari Jack London, kota inilah yang menjadi setting dari narasinya. Skagway terkenal dengan tambang emas yang tersohor dan melegenda di seluruh dunia dan menjadi salah satu pusat emas yang diambil dari sepanjang Sungai Klondike di dekat Kota Dawson, Yukon Territory.

Tambang emas di sepanjang Sungai Klondike ini masuk dalam Yukon Territory di wilayah Canada. Di jamannya terkenal dengan nama Klondike Gold Rush atau Demam Emas Klondike atau Demam Emas Yukon. Pusat dari Demam Emas Klondike berada di sungai kecil bernama Bonanza dekat dengan Kota Dawson. Di Kota Dawson inilah terdapat  salah satu tempat wisata peninggalan saat Demam Emas Klondike yaitu The Klondike National Historic Site. Kota Skagway menjadi istimewa karena merupakan salah satu jalur menuju Yukon Territory.

Saya bisa membayangkan saat Demam Emas Klondike, ratusan ribu orang berdatangan berduyun-duyun menuju Yukon Territory dari Kota Skagway. Mereka harus melewati gunung-gunung berselimutkan salju tebal dan tidak heran banyak yang kehilangan nyawa saat itu.

Tempat Wisata di Alaska

Dengan demikian betapa pentingnya Skagway karena merupakan penghubung antara dunia luar dan Yukon territory karena jika mereka melewati wilayah Canada, jalur menuju Yukon Territory menjadi lebih sulit.

Di Skagway terdapat jalur kereta api bersejarah menuju Yukon Territory yang berumur sekitar 100 tahun. Saya sempat mengikuti tur di Skagway bersama dengan teman-teman dan mengunjungi tempat-tempat wisata bersejarah di Kota Skagway.

Nama tur ini White Pass and Yukon Route. White Pass and Yukon Route adalah tur dengan kereta api dari Kota Skagway sampai ke perbatasan Canada dengan waktu tempuh 1.5 jam atau 3 jam pulang pergi. Akan tetapi ini bukan tur sembarangan, saya melewati tempat yang luar biasa dengan pemandangan yang mungkin Anda tidak bisa membayangkannya.

Tempat Wisata di Alaska

Disebut White Pass karena tur ini melewati gunung-gunung dan tebing-tebing berselimutkan salju. Saat itu saya masuk ke alam liar Alaska dengan berbagai macam flora dan fauna di dalamnya, melihat gunung-gunung bersalju saat kereta melipir di pinggiran tebing, udara dingin dan hujan salju yang baru pertama kali saya rasakan. Wow, ini sunggung-sungguh memukau!

Perjalanan saya dari Skagway sampai ke Whitehorse, Yukon Territory menempuh jarak 110 miles sampai ke puncak gunung yang tingginya lebih 2.800 kaki. Sepanjang perjalanan itu semuanya indah dan tidak ada yang membosankan. Salju di kiri-kanan kereta dan sungai yang penuh salmon. Semuanya benar-benar memukau!

Yukon Route yang ditempuh dengan kereta api bukan hanya menyuguhkan perjalanan yang luar biasa tapi juga menyajikan tempat wisata bersejarah bagaimana Kota Skagway berkembang dan begitu banyak keberanian dan pengorbanan yang harus di lalui.

Tempat Wisata di Alaska

Kota Skagway sendiri terletak di tengah-tengah gunung, seperti berada di tengah-tengah celah gunung dan Anda bisa membayangkan sekencang apa angin berhembus. Tempat ini tergolong berbahaya untuk kapal pesiar karena kencangnya angin bisa mendorong kapal yang menyebabkan kapal bisa kandas, saya saja hampir terbang saat kembali ke kapal.

Jujur saja, Kota Skagway itu kecil sekali, mungkin hanya satu RW di Jakarta. Akan tetapi kota ini memukau saya dalam setiap perjalanan ke Alaska. Kota ini begitu tenang, damai dan dingin. Saya hampir puluhan kali mampir ke tempat ini dan tidak pernah bosan untuk melakukan aktivitas alam seperti hiking bahkan bersama teman-teman kami kerap memanjat tebing. Di sini juga ada lapangan bola, jadi aktivitas saya berolahraga adalah bermain bola selain jogging.

Tempat Wisata di Alaska

Kota kecil Skagway yang hanya ramai di musim panas tetapi memukai jutaan orang setiap tahunnya untuk berkunjung ke tempat ini. Banyak kapal-kapal pesiar raksasa yang sandar ke tempat ini membawa puluhan ribuan turis setiap harinya.

Bagaimana dengan Indonesia? Indonesia punya banyak hal yang bisa dikembangkan di dalamnya. Di sini kita punya berbagai tempat wisata dari sejarah, seni, budaya, alam yang indah dan penduduk yang ramah, akan tetapi kadang kita sering lupa untuk menjaga tempat kita sendiri.

Tempat Wisata di Alaska

Bagaimana kita bisa membuat orang berkunjung ke tempat kita kalau kita seenaknya membuang sampah sembarangan dan meludah di jalan atau baru liat ikan sedikit di sungai langsung ditombak.

Skagway akan selalu berkesan, dan saya selalu ketika meninggalkan suatu kota, saya akan menengok ke belakang dan berkata, “Yup gua akan kembali ke sini lagi!”

Tempat Wisata di Alaska

Beth sedang bersusah payah menggapai tebing.

Salam, Jelajah Dunia

Advertisements

4 comments

  1. […] dan melihat salju, Kota New York adalah kota pertama saya melihat air membeku di jalanan, Kota Skagway adalah kota pertama saya merasakan hujan salju dan Kota Sochi adalah kota pertama saya mengalami […]

    Like

  2. […] satu tempayt wisata di Alaska yang memukau saya adalah sebuah kota bernama Juneau. Kota Juneau sudah berdiri sebelum Demam Emas […]

    Like

  3. […] saya masuk ke wilayah Alaska, ada pelatihan khusus mengenai peraturan di tempat ini. Aturan tersebut harus serius dilaksanakan […]

    Like

  4. […] ke tempat wisata di dunia dan menjelajahi berbagai sudut kota di dunia seringkali membuat saya merindukan suasana […]

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: