Bertanyalah

p1000494

Colosseum Roma

Pepatah lama bilang, “Malu bertanya, sesat di jalan”. Artinya adalah jika kita segan bertanya berarti kita akan rugi sendiri karena persoalan yang dihadapi tidak ditemukan jalan keluarnya. Bertanya bagi saya adalah salah satu komponen penting dalam berproses ketika saya ingin membuat sebuah keputusan atau dalam berkegiatan sehari-hari.

Bagi saya bertanya itu adalah sebuah proses belajar dari tidak tahu menjadi tahu. Jadi proses belajar itu tidak hanya mendengarkan celotehan guru, dosen dan para ahli baik ahli keilmuan sampai ahli agama. Bertanya itu selain memberi banyak arti dalam proses belajar juga memberi kesempatan bagi kita untuk berpikir kritis dan mencoba memahami dan mengolah informasi yang masuk ke kepala kita.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Meja cabin Ms. Zaandam 2008

Selain itu tentu saja bertanya juga melatih rasa ingin tahu. Dalam berproses inilah saya selalu bertanya kepada orang lain. Saya ingat ketika membeli laptop pertama kali di Best Buy Kota Honolulu pada tahun 2008. Saya sama sekali tidak punya pengetahuan tentang laptop karena seumur hidup, saya tidak pernah punya laptop. Tidak sedikit saya bertanya kepada orang lain tentang laptop apa yang bagus dan bisa bertahan lama. Hasilnya, meski laptop tersebut sekarang berusia 9 tahun tapi masih bisa digunakan.

Ketika saya memutuskan untuk bekerja di Holland America Line, saya pun bertanya ke sana ke mari. Berbagai informasi saya coba dapatkan entah itu lewat google atau berbagai pandangan dan referensi dari orang lain. Informasi yang saya dapatkan itu ada pro dan kontra, dan dari pro dan kontra itulah akhirnya saya sampai pada sebuah keputusan bahwa ‘mungkin’ Holland America Line adalah jalan yang tepat.

Sama halnya ketika saya melakoni pekerjaan di Holland America Line sebagai florist manager, pekerjaan yang benar-benar baru bahkan saya sendiri tidak punya ide tentang bunga dan tanaman. Bertanya adalah cara saya untuk mengenal dan belajar.

Ketika saya melakukan perjalanan, saya pun selalu bertanya kepada orang lain. Entah itu penduduk lokal atau orang yang sebelumnya pernah ke tempat ini. Dari jawaban yang saya peroleh, saya kemudian mengolahnya menjadi informasi yang bisa saya gunakan ketika saya melakukan perjalanan.

Tempat Wisata di Vancouver

Kegiatan bongkar muat di Pelabuhan Vancouver, Kanada

Sayangnya banyak orang yang segan untuk bertanya. Entah malu, takut, gengsi atau tidak suka dengan narasumber. Akhirnya, bukannya memperoleh informasi yang tepat, malah menjadi sok tahu dan tersasar.

Saya sadar jika saya bertanya berarti saya tidak tahu. Tidak ada seorang pun yang hidup di dunia ini tahu segala hal bahkan tidak ada teknologi di dunia ini yang bisa menjawab dan memberi informasi yang tepat. Bagi saya tidak ada kebenaran mutlak yang bisa memberi jawaban melainkan kita hanya bisa mendekati kebenaran untuk memperoleh informasi yang tepat.

Oleh sebab itu saya tidak pernah segan untuk bertanya kepada orang lain meski secara personal saya tidak menyukai orang tersebut. Saya sadar bahwa orang lain itu punya keahlian tertentu yang tidak kita punya dan dengan bertanya berarti kita belajar dari orang lain agar kita bisa menjadi lebih baik.

Di Holland America Line ada satu orang yang sangat tidak saya sukai karena kalau bicara itu seakan sudah membunuh ribuan orang sekali tembak apalagi ditambah dengan klaim kalau dia adalah salah satu anggota geng motor yang ditakuti di Bandung. Terlepas dari itu, dia punya keahlian memasak yang tidak saya miliki serta pengetahuan tentang United State Public Health (USPH). Saya tidak segan bertanya tentang bagaimana memasak yang baik serta adonan yang digunakan untuk membuat fish and chips agar lebih garing. Secara personal mungkin orang tersebut tidak menyenangkan dan membuat tidak nyaman tetapi biasanya tipe orang seperti itu adalah orang yang tidak pelit untuk berbagi ilmu.

Tempat Wisata di Honolulu

Patung Duke Paoa Kahinu Mokoe Hulikohola Kahanamoku di Pantai Waikiki

Saya tidak pernah merasa berada di atas orang lain, karena ketika kita merasa berada di atas orang lain, kita tidak akan pernah mau untuk berkembang dan menemukan hal-hal baru. Apakah dengan filsafat bisa menjawab segala persoalan di dunia ini? Apakah dengan gelar Magister Filsafat, saya menjadi tahu akan segala hal? Saya teringat pada tanggal 26 Desember 2006, Karlina Supelli berkata demikian, “Dan filsafat? Berhentilah berasumsi bahwa dengan filsafat Anda siap menghadapi kehidupan”. Semakin banyak saya belajar dan menjelajahi pelosok dunia, semakin saya menyadari bahwa saya bukan orang yang tahu segalanya.

Di kehidupan di luar sana, ada banyak hal baru yang bisa saya pelajari dan jika ingin berkembang maka bertanyalah kepada siapa pun itu bahkan ke seorang tukang sayur karena mereka lebih tahu bagaimana berdagang ketimbang seorang lulusan Magister Filsafat.

Bertanya itu adalah sebuah sikap rendah hati dan terbuka karena dengan bertanya kita sadar bahwa kita tidak tahu dan mau belajar. Ketika di Holland America Line, saya pernah bekerja dengan orang yang lebih senior. Karena merasa lebih senior maka dia merasa lebih berpengalaman dan tahu segala hal. Akhirnya dia kemudian bekerja sesuai dengan kebiasaan sehari-hari. Ketika ada perubahan, dia selalu beralasan, “lho saya biasa bekerja seperti ini”. Padahal perubahan itu selalu terjadi setiap saat.

Kita terkadang terjebak dengan rutinitas yang nyaman sampai kita lupa bahwa saat ini kita hidup di jaman yang sangat dinamis. Bertanya adalah pintu masuk untuk membuka diri terhadap perubahan. Saya lulusan filsafat tetapi semua bidang pekerjaan yang saya lakoni tidak ada hubungannya dengan filsafat. Hanya satu yang mungkin berhubungan dengan filsafat yaitu saat saya bekerja paruh waktu di Kompas dan di Majalah Hidup.

VLUU L200  / Samsung L200

Laura Thibeault

Jika saya tidak bertanya, coba bayangkan bagaimana saya bisa bertahan hidup di kapal pesiar selama 4 tahun ketika saya harus belajar tentang managemen perhotelan dan mengenal nama-nama bunga serta berbagai rangkaiannya jika saya tidak pernah bertanya. Bagaimana saya memperoleh berbagai informasi tentang kondisi Gunung Juneau di Alaska untuk memulai pendakian jika saya tidak bertanya terlebih dahulu. Atau bagaimana saya bisa berkeliling dunia dan mengunjungi berbagai tempat jika saya tidak bertanya.

Bertanya itu sebuah kegiatan yang membutuhkan keberanian dan keingintahuan yang besar, bukan kegiatan untuk pura-pura cari muka atau dibilang aktif. Sah-sah saja menggunakan strategi bertanya supaya kita dikenal dosen atau atasan tetapi menurut saya hal itu tidak menghasilkan apa-apa selain berstrategi dan bertipu muslihat.

Dengan bertanya, bukannya saya dibilang bodoh oleh orang lain, malah saya bisa membangun banyak hubungan pertemanan dengan orang lain yang berbeda kebudayaan. Saya kenal dengan banyak orang yang berbeda kebudayaan dan kewarganegaraan di kapal pesiar bukan karena saya gaul dan kekinian tetapi mau membuka diri dan salah satunya adalah bertanya.

dsc01535

Vincent Harris dan Sean Allen

Saya pernah bertanya kepada Vincent tentang apa bedanya kata beautiful dengan radiant saat saya selesai menonton film berjudul Charlotte’s Web. Wajar saja saya bingung karena laba-laba bernama Charlotte dalam film tersebut menuliskan kata radiant untuk seekor babi. Apa yang terjadi jika saya melihat seorang perempuan dengan gaun indah saat formal night, saya mengatakan, “You look radiant“. Apakah artinya nanti sama dengan kamu seperti babi dalam film Charlotte’s Web?

Rupanya Vincent menjelaskan bahwa kata beautiful, radiant, stunning, glamorous, alluring adalah kata-kata pujian untuk perempuan. Sejak saat itu, setiap berpapasan dengan tamu ketika formal night, saya selalu menyapa dengan, “Good morning madam, you look Radiant. How are you doing?“. Hal-hal seperti inilah yang saya dapatkan ketika bertanya bukan menjadi orang sok tahu atau sekedar mendapatkan informasi dengan menguping pembicaraan orang lain.

VLUU L200  / Samsung L200

Amanda Woytek

Suatu kali saya bersin kemudian Amanda dan Megan di saat bersamaan bilang, “Bless you!“. Awalnya saya tidak kenal dengan mereka berdua dan dengan polosnya saya bertanya, “Kenapa setiap bersin orang Amerika selalu bilang bless you?” Terus terang saya tidak mengerti tujuan yang melatarbelakangi kata itu muncul ketika bersin dan bagaimana membalasnya.

Amanda dan Megan kemudian menjelaskan bahwa jaman dahulu orang percaya bahwa bersin membuat jiwa seseorang keluar dari tubuhnya dan menyebut kata bless you akan menghentikan setan menguasai tubuh orang tersebut. Oleh sebab itu dengan berterima kasih adalah balasan yang tepat. Dari pertanyaan itulah, saya kemudian mengenal mereka sampai saat ini.

Selain itu dengan bertanya kita mengakui keahlian dan pengalaman orang lain. Orang itu akan merasa dihargai dan memperoleh tempat dalam kehidupan bermasyarakat. Saya suatu kali pernah bertanya tentang navigasi dan bagaimana sebuah kapal pesiar tidak tersesat di tengah samudra. Saya kemudian diundang oleh Chief Officer dan diajak berkeliling ke anjungan kapal dan dijelaskan berbagai peralatan di dalamnya serta fungsi-fungsinya.

Tempat wisata di Vatican

Oleh sebab itu menurut saya sebuah pepatah lama, “Malu bertanya, sesat di jalan” masih relevan bagi para penjelajah dunia. Jangan pernah segan untuk bertanya dengan orang lokal, mencari sumber informasi ketika melakukan sebuah perjalanan meski sumber tersebut tidak kita sukai. Karena kita tidak akan pernah tahu, mungkin jawaban yang diberikan oleh mereka akan mengubah hidup kita.

Salam, Jelajah Dunia

Advertisements

One comment

  1. […] bingung saat menggunakan transportasi umum, saya biasanya bertanya ke penduduk lokal. Tidak perlu takut bertanya karena penduduk Kota Victoria itu ramah dan mereka […]

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: