Santorini, Pulau Sisa Peninggalan Letusan Thera di Yunani

tempat wisata di Yunani

Santorini adalah salah satu pulau terkenal di Yunani dan menyimpan segudang tempat wisata sekaligus sejarah di dalamnya. Buat para penjelajah dunia tentu belum lengkap menjelajahi dunia jika belum menginjakkan kaki di pulau ini.

Santorini atau dalam bahasa klasik dikenal sebagai Thera adalah sebuah pulau di sebelah selatan Laut Aegean. Bagi para penggemar sejarah, Laut Aegean adalah wilayah penting yang menghubungkan pesisir pantai Yunani dengan Asia kecil atau Turki. Di Laut Aegean ini tersebar lebih dari 2.000 pulau. Pulau yang terbesar adalah Crete yang terkenal dalam Mitologi Yunani tentang Theseus dan Minotaur.

tempat wisata di Yunani

Apakah para penjelajah dunia mengetahui bahwa seluruh wilayah Pulau Santorini, sama halnya dengan Pulau Méthana, Mílos and Nísiros, sampai saat ini masih merupakan gunung berapi yang aktif? Pulau Santorini sangat dikenal dalam sejarah klasik Yunani. Kehancuran Santorini oleh erupsi gunung berapi bisa ditemukan pada dialog Platon. Platon, salah satu filsuf besar Yunani klasik, mendeskripsikan Kota Atlantis yang hilang dalam dialog Critias and Timaeus.

Pada awalnya, Pulau Santorini merupakan pulau utuh. Setelah letusan besar gunung berapi, pulau ini menyisakan kaldera raksasa dan menghancurkan seluruh pulau tersebut. Apa yang tersisa dari Santorini adalah tebing kaldera dengan laguna raksasa. Letusannya terjadi sekitar 3.600 tahun yang lalu tepatnya pada Jaman Minoan. Letusan tersebut menghancurkan peradaban saat itu. Kaldera yang terbentuk berukuran 8 x 4 kilometer dengan kedalaman sampai dengan 400 meter dibawah laut.

tempat wisata di Yunani

Salah satu Gereja Ortodoks di Kota Fira, dibangun pada tahun 1827. Di dalam gereja dihiasi dengan lukisan dinding indah karya seniman lokal Christoforos Asimis

Di atas tebing kaldera atau sisa-sisa dari Pulau Santorini purba, dibangun pemukiman yang kita kenal sampai saat ini. Menurut informasi dari tour guide saat itu, inilah satu-satunya letusan gunung berapi di dunia yang meninggalkan kaldera sampai ke laut. Bisa dibayangkan jika letusan tersebut terjadi di jaman sekarang, saya jamin kita akan masuk ke jaman es.

Saya beberapa kali berkunjung ke Pulau ini pada tahun 2009 sampai dengan 2010. Awalnya saya sama sekali tidak pernah bermimpi akan berkunjung ke tempat ini. Ibarat sedang memenangkan undian berhadiah, saya pertama menginjakkan kaki di pelabuhan kecil dekat dengan Kota Fira.

tempat wisata di Yunani

Keledai berjejeran di jalanan menuju Kota Fira

Untuk menuju Kota Fira, harus ditempuh dengan mendaki tebing dengan ketinggian sekitar 245 meter. Ada dua pilihan untuk menuju Kota Fira di Pulau Santorini. Pilihan Pertama adalah dengan cable car dan kedua melewati anak tangga berliku yang berjumlah 600 anak tangga. Jika menggunakan cable car, tiketnya dijual dengan harga sekitar 5 euro. Jika para penjelajah dunia memutuskan untuk melewati 600 anak tangga, Anda bisa berjalan kaki atau menggunakan keledai dengan membayar 5 euro untuk sarana transportasi menuju Kota Fira.

Naik keledai menuju Kota Fira merupakan hal yang menarik di Santorini. Para turis yang berkunjung ke Santorini merasa tidak lengkap jika mereka belum mengendarai keledai. Akan tetapi saya sendiri menyarankan untuk tidak menggunakan salah satu sarana transporasi ini jika berkunjung ke Santorini.

tempat wisata di Yunani

Untuk menuju Kota Fira dengan berjalan kaki, harus menempuh 600 anak tangga yang berliku

Awalnya sejak ratusan tahun keledai memang digunakan sebagai sarana angkutan entah itu manusia dan barang menuju Kota Fira dari pelabuhan. Akan tetapi semenjak dibangunnya cable car pada tahun 1979, sarana angkut tersebut kebanyakan menggunakan cable car.

Perlakuan yang semena-mena terhadap keledai di Santorini untuk kepentingan wisata telah menjadi keprihatinan para pecinta binatang. Keledai berada dalam kondisi yang memprihatinkan bahkan mereka harus bekerja siang malam dengan diberi makanan yang sedikit. Memang bagi sebagian turis mengendarai keledai adalah saat yang romantis dan tidak terlupakan, apalagi wajah keledai terlihat menggemaskan. Akan tetapi saya menyarankan untuk tidak menggunakan keledai untuk menuju ke Kota Fira.

tempat wisata di Yunani

Pulau Santorini sungguh romantis, apalagi di saat malam hari, makanya tempat ini adalah salah satu tempat wisata yang dikenal oleh dunia. Di atas tebing dimana Kota Fira berdiri, saya melihat anak gunung berapi di tengah-tengah laut membentuk pulau kecil. Tidak heran jika saya kerap melihat tempat ini dijadikan sebagai acara seremoni pernikahan atau untuk bulan madu. Saat-saat romantis lainnya adalah menyaksikan matahari terbenam, dijamin bikin kamu terpukau berkaca-kaca.

tempat wisata di Yunani

Pulau Santorini

Di pulau ini bangunannya di dominasi warna putih dan biru dan tersebar unik di lereng-lereng pulau. Warnanya yang bercat putih adalah salah satu tempat wisata yang mengundang perhatian para pengunjung jika dilihat dari Laut Aegean. Di atas Pulau Santorini, saya tidak hanya mengunjungi Kota Fira, tetapi tidak jauh dari tempat ini para penjelajah dunia juga bisa mengunjungi Kota Oia, Kota Imerovígli dan Kota Firostefáni yang dibangun di pinggiran tebing.

Kota lain yang juga terkenal dengan tempat wisata peninggalan bersejarah adalah Kota Akrotíri dan Kota Méssa Vounó. Jadi jika para penjelajah dunia pecinta arkeologi, jangan lewatkan untuk berkunjung di kedua kota ini.

tempat wisata di Yunani

Kota-kota lain yang lebih kecil juga tersebar di Pulau Santorini dan menjadi tempat wisata bagi para turis yang lebih merindukan suasana pedesaan seperti Kota Pýrgos, Karterádes, Emporió, Ammoúdi, Finikiá, Períssa, Perívolos, Megalohóri, Kamári, Messariá dan Monólithos. Di kota-kota ini saya bisa menemukan suasana yang lebih sejuk dan damai serta satu hal yang menarik adalah kota-kota ini dikelilingi oleh kebun anggur yang membentang luas. Tentu saja mencoba suasana pedesaan adalah salah satu pengalaman yang paling berharga yang tidak terlewatkan.

Bagi para pecinta kuliner, Pulau Santorini adalah surganya. Di sini bisa ditemukan banyak makanan tradisional yang sangat saya sukai salah satunya Aimatia. Aimatia seperti sosis darah yang diisi beras dan hati. Bisa dibilang ini adalah salah satu makanan yang bergizi tinggi. Bagi pengemar keju bisa mencoba hloró tyrí, kejusegar yang terbuat dari susu kambing.

tempat wisata di Yunani

Sudut Kota Fira banyak ditemukan cafe dan tempat makan yang menjual berbagai makanan lokal maupun internasional

Di sini bisa juga ditemukan makanan yang mirip dengan masakan Indonesia. Salah satunya adalah Atherinopita yaitu ikan teri segar yang digoreng dengan bawang dan tepung tetapi bedanya disajikan tidak kering dan sebesar piring. Orang bule menyebutnya pie ikan. Selain itu Pseftokeftedes atau kita menyebutnya bakwan, cocok buat para vegetarian. Pembuatannya sama seperti membuat bakwan bedanya hanya penggunaan jenis sayuran saja. Jangan lewatkan juga Ntomatokeftedes atau mirip mirip bakwan berbahan tomat, dijamin bikin kamu ngiler.

Buat para penggemar salad, mediteranian salad dengan dressing dari minyak zaitun adalah salah satu produk yang biasa disantap di tempat ini bahkan sehat juga bagi yang ingin diet. Selain itu Salad Santorini yang khas menggunakan potongan hloró tyrí (keju kambing segar), tomat kecil, buah dan daun capers yang banyak ditemukan di mediteranian dan seringkali dibuat acar.

Di Kota Fira juga banyak tersebar café dan tempat makan. Akan tetapi para penjelajah dunia tidak perlu heran jika harus membayar lebih karena kurs euro lebih mahal dibanding rupiah. Untuk secangkir kopi saja, saya merogoh lebih dari 10 euro.

Saya sungguh beruntung dan bersyukur bisa berkunjung ke Pulau Santorini. Melihat langsung tempat-tempat yang awalnya hanya saya baca lewat buku atau televisi. Tentu saja kisah di Yunani tidak akan pernah lengkap tanpa mengunjungi kuil dewa dewi di Athena. Oleh sebab itu, nantikan kisah petualangan selanjutnya.

Salam, Jelajah Dunia

Advertisements

2 comments

  1. […] mitologi Yunani, Medea adalah putri dari Raja Aieti. Ia adalah raja di Kolkheti yang saat ini wilayah tersebut […]

    Like

  2. […] indah yaitu Aphrodite of Milos atau dikenal sebagai Venus de Milo. Patung yang berasal dari jaman Yunani kuno dan merupakan salah satu karya yang paling terkenal dari patung Yunani […]

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: