Pengalaman yang Berkesan di Hilo, Hawai’i, USA

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Kapal Pesiar Ms. Zaandam dari kejauhan

Salah satu kepulauan yang menjadi tempat wisata terkenal di dunia adalah kepulauan Hawai’i. Kepulauan yang terletak di Samudera Pasifik ini dikenal dengan keindahan pantai, kebudayaan dan tempat wisata alamnya. Salah satu kota yang berkesan di kepulauan Hawai’i adalah Hilo

Jika saya mengingat kembali Kota Hilo, ada kerinduan yang tidak bisa digantikan oleh kota-kota lain yang pernah saya kunjungi. Di kota inilah saya menginjakkan kaki pertama kali di kepulauan indah di pasifik, yaitu Hawaiʻi.

Mengingat kembali Kota Hilo bagi saya berarti mengingatkan saya pada kenangan saat berjuang menahan mabuk laut melintasi keganasan Samudera Pasifik selama empat hari pada bulan Januari 2008 dari San Diego, USA.

Saya mengunjungi Kota Hilo bersama dengan kapal pesiar yang begitu saya cintai selama 514 hari tinggal di dalamnya yaitu Ms. Zaandam. Ada banyak kesan luar biasa di dalam kapal ini yang tidak sabar ingin saya ceritakan selanjutnya.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Gunung Mauna Kea tampak dari kejauhan

Kota Hilo adalah kota pusat administrasi Hawaiʻi dan terletak di perisai gunung api yaitu Gunung Mauna Loa dan Gunung Mauna Kea. Gunung Mauna Kea merupakan tempat yang sangat penting di dunia untuk observasi astronomi.

Di atas puncak Gunung Mauna Kea langit begitu bersih dan jarang berawan serta letaknya yang jauh dari kota memungkinkan tempat ini jauh dari polusi cahaya. Para pecinta astronomi pasti tidak asing mendengar Gunung Mauna Kea karena di sinilah tempat observasi yang terbaik untuk mengamati objek di luar angkasa.

Hilo juga adalah rumah bagi University of Hawaiʻi dan Imiloa Astronomy Center of Hawaiʻi.

Di kota inilah saya pertama kali melihat puncak gunung bersalju, dan puncak gunung tersebut adalah Gunung Mauna Kea.

Kota Hilo sendiri berada di salah satu pulau di Hawai’i yang disebut Hawaii’s Big Island.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Kuhio Kalanianaole Park

Kota Hilo adalah salah satu tempat saya berefleksi dan merenung. Di kota ini saya seakan menemukan kedamaian dan rasa tenang. Mungkin karena rasa lega dan bahagia adalah pengalaman pertama saya berjumpa dengan kota ini setelah terombang-ambing di laut selama empat hari.

Di sini ada satu tempat kegemaran saya yaitu Kuhio Kalanianaole Park, sebuah taman yang menghadap ke laut dengan pohon rindang dan sejuk serta bangku dan meja taman yang sederhana.

Udara segar dan angin laut yang sejuk menambah ketenangan saat menyendiri di tempat ini.  Di bangku dan di meja taman inilah yang menginspirasi saya menulis berbagai hal entah itu refleksi hidup, pertanyaan-pertanyaan filosofis dan jawaban-jawaban atas permasalahan.

Di taman ini juga adalah tempat saya merenung dan melepaskan kepenatan entah karena habis dimarahi atasan, patah hati karena rasa suka bertepuk sebelah tangan, rindu akan kampung halaman, atau rasa jenuh.

Di Kuhio Kalanianaole Park inilah saya menemukan begitu damainya Hilo, Hawaiʻi.

img_23221

Wal-Mart Gift Card

Di kota ini jugalah saya pertama kali mengunjungi waralaba terbesar yaitu Wal-Mart. Wal-Mart sendiri adalah perusahaan keluarga terbesar yang dikelola oleh keluarga Walton dan tersebar di 28 negara serta merupakan perusahaan swasta terbesar yang mempekerjakan jutaan tenaga kerja di dunia.

Wal-Mart merupakan salah satu tempat favorit saya di Hilo untuk mencukupi berbagai kebutuhan pribadi entah itu sabun mandi, makanan ringan, dan lain-lain. Di tempat inilah saya pertama kali membeli dan merasakan kelezatan es krim Vanila Häagen-Dazs. Es krim 500 ml ini habis dalam sekejap saat makan siang.

Saya juga kerap berbelanja di Wal-Mart bersama teman bernama Samantha dan saking tempat ini adalah tempat favorit untuk berbelanja, saya dihadiahkan salah satu dari berbagai hadiah perpisahan yaitu gift card Wal-Mart USD 20.

Sekedar catatan, Samantha adalah salah satu teman baik dari berbagai teman dengan latar belakang budaya, pendidikan dan kebangsaan. Salah satu warisannya adalah dia mengajarkan saya bagaimana berbelanja dengan bijak.

Saya diajari bahwa di sini kadang banyak diskon-diskon dengan harga yang sangat miring. Diskon ini berbeda dengan diskon di Indonesia karena memang harganya benar-benar miring. Contohnya saat merencanakan membeli coffee maker, saat itu kita mengkalkulasi harga coffee maker USD 10 tetapi harga saat itu di Wal-Mart USD 21. Karena coffee maker tidak begitu penting akhirnya ditunda sampai harga barangnya turun.

Warisan inilah yang masih saya pakai sampai sekarang, sebelum berbelanja selalu buat perencanaan terlebih dahulu barang apa yang akan kita beli dan perkiraan harganya berapa. Jika harga terlampau jauh dari apa yang kita rencanakan dan barang tersebut tidak terlalu penting, lebih baik ditunda.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Kesibukan harian di Hilo selain berbelanja di Wal-Mart atau merenungi nasib di Kuhio Kalanianaole Park adalah bermain bola bersama dengan rekan kerja. Cuaca di Hilo sejuk dan hangat, jadi pas sekali untuk bermain bola.

Di pinggir jalan Kamehameha Avenue ada lapangan bola yang kerap digunakan pelajar untuk bermain bola dan saya kerap bermain bola di tempat itu.

Tidak jauh dari Kamehameha Avenue tepatnya di pinggir jalan Mamalahoa Highway saya menemukan landmark berupa jam disebut sebagai Tsunami Clock karena jam ini terhenti tepat ketika Tsunami menghantam pesisir Hilo.

Pesisir Hilo sendiri dikenal sebagai Tsunami Capital of the United State. Tsunami kiriman tersebut biasanya berasal dari gempa bumi di daerah Chile dan Aleutian Islands.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Tsunami Clock

Ada beberapa tour yang sempat saya ikuti saat berada di Hilo. Salah satunya Hilo Zip Line melintasi beberapa tempat wisata di Hilo seperti air terjun Hawaii’s Big Island dan Kīlauea Volcano.

Selain itu tempat wisata alam yang menarik untuk dikunjungi adalah Thurston lava tube dan Halemaumau crater, atau melihat aliran lava Kīlauea. Tempat-tempat ini lumayan jauh dari pusat Kota Hilo.

Bagi para penggemar anggrek, Kota Hilo juga terkenal dengan tempat wisata pembibitan anggrek dan anthurium. Beberapa pengiriman anggrek untuk kapal pesiar juga berasal dari kota ini.

untitled

Hilo itu ibarat jatuh cinta pada pandangan pertama. Di kota ini ada berbagai kenangan indah dari berbelanja di Wal-Mart, bermain bola, mengunjungi Kīlauea Volcano atau berjumpa dengan wajah-wajah baru.

Menutup tulisan ini, ada sebuah lagu yang diajarkan oleh pengemudi bus dalam perjalanan kami pulang dari Wal-Mart, yuk bernyanyi bersama:

Just hang loose, have some fun,
Sippin on a drink, lying in the sun
Don’t try to fight it, it ain’t no use
Cause when you’re in Hawai’i, you should just hang loose!

Salam, Jelajah Dunia

 

Advertisements

5 comments

  1. […] Hawai’i di Samudera Pasifik menyimpan ribuan tempat wisata serta pengalaman yang dijamin tidak akan pernah […]

    Like

  2. […] menjadi tempat wisata populer di kepulauan Hawai’i adalah Kailua-Kona. Kota Kailua-Kona dan Kota Hilo berada di satu pulau yang disebut Hawaii’s Big Island. Meski Kailua-Kona dan Hilo berada di […]

    Like

  3. […] yang dimiliki oleh Skydive Hawai’i adalah fasilitas yang terbesar di seluruh negara bagian Hawai’i dan tempat ini adalah tempat […]

    Like

  4. […] bertanya kepada orang lain. Saya ingat ketika membeli laptop pertama kali di Best Buy Kota Honolulu pada tahun 2008. Saya sama sekali tidak punya pengetahuan tentang laptop karena seumur hidup, […]

    Like

  5. […] tentang salju. Kota Victoria adalah kota kedua setelah Hilo, Hawai’i saat saya melihat salju di puncak-puncak gunung. Kalau di […]

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: