Donat Tim Hortons di Charlottetown, Prince Edward Island, Canada

img_0258

Namanya Charlottetown, sebuah kota yang menjadi salah satu tempat wisata bagi para pengunjung yang ingin menikmati keramahtamahan penduduk di Prince Edward Island. Di tempat inilah saya pertama kali merasakan nikmatnya donat Tim Hortons.

Awalnya Dunkin’ Donuts mungkin adalah donat terenak yang pernah saya cicipi akan tetapi rasa itu berubah ketika saya mencoba Tim Hortons.

Nama gerai Tim Hortons sendiri diambil dari nama atlit hockey bernama Miles Gilbert “Tim” Horton. Gerai Tim Hortons pertama kali muncul tahun 1964 di Hamilton, Ontario, Canada.

Apa istimewanya Tim Hortons? Toko donat inilah yang pertama mengingatkan saya akan sebuah kota Indah di Canada yaitu Charlottetown. Di Charlottetown inilah saya merasakan pertama kali kelezatan donat yang mengalahkan Dunkin’ Donuts.

Setidaknya bagi saya pribadi donat Tim Hortons itu rasanya pas di mulut. Namanya juga selera, kalau sudah suka sulit untuk mendebat, bukan? ‘Aye’.

img_0520

Province House National Historic Site

Charlottetown adalah ibu kota dan kota terbesar dari Prince Edward Island, salah satu provinsi Canada. Nama Charlottetown sendiri diambil dari nama Ratu Inggris Charlotte of Mecklenburg-Strelitz. Ia adalah istri dari Raja George III.

Kota ini bisa dibilang bersejarah dan dikenal sebagai tempat kelahiran Canada Confederation. Konfederasi Canada adalah sebuah proses ketika koloni-koloni Inggris dari Canada, Nova Scotia dan New Brunswick menjadi satu dalam negara Canada.

Dimulai dari sinilah Kanada kemudian dibagi menjadi empat provinsi yaitu Ontario, Quebec, Nova Scotia dan New Brunswick. Tetapi berjalannya waktu dengan berbagai perluasan wilayah maka saat ini menjadi sepuluh provinsi dengan tiga wilayah.

img_0274

Saya sendiri sangat beruntung bisa mengunjungi tempat wisata bersejarah di kota ini. Salah satu tempat wisata bersejarah itu adalah Province House National Historic Site. Di tempat ini juga para pembuat kebijakan wilayah Prince Edward Island bertemu.

Keberuntungan juga tidak berhenti karena di tempat ini saya sempat menyaksikan debat para pembuat kebijakan. Saat itu mereka membicarakan mengenai kebijakan sekolah, berhubung saya masuk di tengah-tengah perdebatan jadi saya kurang memahami persoalan.

Dari lantai dua gedung, saya menyaksikan kedua kubu saling berhadap-hadapan tidak lebih dari 50 orang. Jika setuju mereka kompak menjawab ‘aye!’ dan kalau tidak setuju ‘nooo..’ (Dengan suara datar) dan setiap orang berhak menyampaikan pandangannya.

Hal yang menarik yang muncul dalam perdebatan itu adalah tidak ada kata, “Instrupsi yang mulia! Intrupsi yang Mulia!” tapi masing-masing diberi kesempatan untuk menyampaikan pendapatnya.

img_0492

Inilah tempat pertemuan  yang dikenal sebagai Canadian Confederation

Tidak jauh dari Province House National Historic Site terdapat gereja katolik bernama St. Dunstan’s Basilica. Katedral ini adalah pusat dari gereja Katolik di Prince Edward Island.

Gereja Katolik ini juga merupakan salah satu tempat wisata yang menarik perhatian para pengunjung di Charlottetown. Katedral ini dibangun dengan gaya arsitektur Victoria Gothic dengan menara-menaranya yang menjulang tinggi ke langit. Di dalamnya juga dihiasi berbagai ornamen serta karya seni indah.

IMG_0286.JPG

St. Dunstan’s Basilica

Di ujung jalan Haviland Street, saya mengunjungi Pei Regiment Museum. Museum ini  adalah salah satu tempat wisata yang juga wajib dikunjungi. Di dalamnya tersimpan sejarah dan warisan dari pasukan militer di Prince Edward Island.

Menurut informasi, museum ini menyimpan koleksi lebih dari 2.000 koleksi bersejarah dan bahkan koleksi-koleksi tersebut ada yang berasal jauh sebelum tahun 1807.

img_0573

Tidak lupa saya juga mengunjungi salah satu bangunan bersejarah yaitu Charlottetown City Hall di Kent StreetCharlottetown City Hall merupakan balai kota tertua di Prince Edward Island.

Bersebelahan dengan balai kota, sampailah saya di depan kantor pemadam kebakaran dengan koleksi mobil pemadam kebakarannya yang apik sekali. Keliatannya mobil pemadam kebakaran ini hanya dipamerkan di depan kantor pemadam kebakaran jika ada kapal pesiar yang merapat di Charlottetown.

img_0245

Kent Street bukanlah jalan yang asing buat saya karena jalan ini pasti saya lalui jika saya ingin membeli Donat Tim Hortons. Setiap kali berkunjung, tidak pernah terlewatkan waktu saya di tempat ini untuk menyantap donat kesukaan sembari duduk sambil memandang laut.

img_0518

Salah satu kegemaran saya yang lain adalah menyusuri setiap sudut-sudut kota dan melihat bagaimana masyarakatnya hidup. Sama seperti kota-kota pada umumnya, saya juga menemukan berbagai tempat makan, tempat perbelanjaan, cafe dan lain-lain.

Akan tetapi yang menarik dari Charlottetown adalah warganya yang ramah dan menyapa. Inilah yang saya senangi ketika mengunjungi negara Canada yaitu berjumpa dengan banyak orang-orang yang ramah bukan orang-orang yang bertemu dengan alien.

Selain itu saya bisa melihat berbagai bangunan tua dan kota yang bersih tertata rapi.

img_0517

Di salah satu sudut Kota Charlottetown

Saya melakukan perjalanan ke kota ini dengan menggunakan kapal pesiar Ms. Maasdam. Rute-rute yang saya lalui juga apik dari Boston ke South Carolina mengunjungi Quebec, Montreal, dan lain-lain.

Selain itu Ms. Maasdam juga merupakan kapal yang istimewa karena kapal ini adalah kapal terakhir saya sebelum saya memutuskan untuk melanjutkan pendidikan filsafat dan berhenti bekerja dari Holland America Line-Dianthus International.

Salam, Si Penjelajah Dunia

 

Advertisements

One comment

  1. […] adalah kota pertama yang saya kunjungi di negara Kanada. Kota ini begitu indah dan bersih serta tidak ada kota lain yang membuat saya jatuh hati selain […]

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: