Keindahan Hawai’i dari Kailua-Kona

Tempat Wisata di Hawaii

Kailua-Kona

Salah satu kota yang menjadi tempat wisata populer di kepulauan Hawai’i adalah Kailua-Kona. Kota Kailua-Kona dan Kota Hilo berada di satu pulau yang disebut Hawaii’s Big Island. Meski Kailua-Kona dan Hilo berada di pulau yang sama, akan tetapi kedua kota ini menawarkan pengalaman yang berbeda.

Berbeda dengan Hilo, Kailua-Kona terkesan lebih ramai dengan berbagai tempat wisata yang bisa dikunjungi. Pusat Kota Kailua-Kona banyak ditemukan cafe dan toko-toko yang menjual berbagai produk entah cenderamata, produk kerajinan penduduk lokal atau baju dan celana khas Pulau Hawai’i.

Kona merupakan salah satu distrik di kepulauan Hawai’i dan dibagi menjadi dua yaitu Distrik Kona bagian Utara dan Distrik Kona bagian Selatan. Kota terbesar di Distrik Kona adalah Kailua-Kona. Kota lain yang bisa ditemukan di Distrik Kona adalah Kealakekua, Keauhou, Holualoa, Hōnaunau and Honalo.

Tempat Wisata di Hawaii

Pemandangan Kailua-Kona

Kota Kailua-Kona sendiri adalah kota yang dikenal dengan dampak aktivitas gunung berapi dari Gunung Mauna Kea dan Mauna Loa di kepulauan Hawai’i. Pernah beberapa rumah warga di lereng gunung hancur dan terbakar karena terkena lelehan lava.

Pengalaman saya mengenai aktivitas gunung berapi di kota ini ketika aktivitas tersebut mempengaruhi cuaca di sekitar kota. Awalnya saya menyangka sedang mendung tetapi menurut penduduk setempat cuaca mendung ini disebabkan asap dari aktivitas gunung api.

Iklim di Distrik Kona sangat mendukung bagi tanaman kopi yang berada di lereng gunung berapi Hualālai and Mauna Loa. Oleh sebab itu, kopi yang berasal dari Distrik Kona dikenal sebagai salah kopi premium di dunia. Bagi para treveler pecinta kopi, tidak ada salahnya mencoba salah satu kopi terbaik di dunia dari distrik ini.

Saya senang dengan Kailua-Kona karena di kota ini saya banyak melakukan kegiatan yang berhubungan dengan aktivitas pantai. Berbagai kegiatan yang saya lakukan adalah berenang di pantai dekat dengan lokasi kapal berlabuh. Rasanya nyaman sekali tidur mengapung di tepi pantai sembari diterpa angin sejuk.

Tempat Wisata di Hawaii

Pantai Kahaluu

Selain itu salah satu pantai yang kerap saya kunjungi di kota ini adalah Pantai Kahaluu. Pantai Kahaluu adalah pantai umum yang menjadi tempat wisata di Kailua-Kona karena disini bisa ditemukan kura-kura. Banyak dari para turis tertarik untuk melihat dari dekat kehidupan kura-kura.

Satu hal yang perlu diingat oleh para penjelajah dunia adalah jangan sesekali menganggu atau menyentuh kura-kura di Pantai Kahaluu karena denda sampai USD 10.000 menanti Anda. Saya mengetahui hal ini karena saya sempat melanggar aturan tersebut dan mendapat peringatan keras dari penjaga pantai. Untung saja saya tidak sempat membayar denda karena ketidaktahuan informasi. Akan tetapi teguran tersebut menjadi pelajaran berharga bagi saya untuk tidak menganggu kehidupan alam.

Tempat Wisata di Hawaii

Gereja Mokuaikaua

Salah satu bangunan bersejarah yang menjadi salah satu tempat wisata di kota ini adalah Gereja Mokuaikaua. Gedung gereja ini merupakan gereja pertama di kepulauan Hawai’i dan menjadi lambang kedatangan pertama misionaris di kepulauan Hawai’i pada tahun 1820.

Di sini juga para penjelajah dunia bisa mengikuti berbagai paket tur yang menyediakan berbagai pengalaman tidak terlupakan saat mengunjungi tempat wisata di Kailua-Kona. Salah satu tur yang saya ikuti adalah  Kona Captain Zodiac Tour.

Captain Zodiac merupakan salah satu pengalaman yang tidak terlupakan di kota ini. Dimulai dengan menaiki sebuah boat, saya bersama dengan teman-teman di antar menuju Teluk Kealakekua yang berisi ratusan ikan berwarna-warni dan koral. Teluk ini juga bisa ditemukan monumen yang terkenal yaitu Captain Cook Monument.

Tempat Wisata di Hawaii

Monumen Captain Cook yang terkenal di Kona, Hawaii

Setelah melakukan kegiatan snorkling, saya kemudian disuguhkan pengalaman melihat kehidupan lumba-lumba, paus pilot, paus bungkuk , kura-kura dan berbagai spesies yang jarang saya lihat lebih dekat. Di sini saya menemukan berbagai informasi tentang kehidupan laut, sejarah serta kebudayaan di Kailua-Kona.

Tidak hanya itu saja, mengikuti tur ini saya juga mendapat ilmu tentang apa itu gua laut, tabung lava, lengkungan batu, blowholes, dan lain-lain. Tentu saja pengalaman ini tidak mudah untuk dilupakan apalagi saya bepergian bersama dengan teman-teman.

Tempat Wisata di Hawaii

Di atas boat Captain Zodiac Tour

Selain itu ada banyak tur yang bisa penjelajah dunia ikuti di tempat ini. entah ini mengunjungi gunung berapi, berbagai air terjun salah satunya air terjun Akaka, zipline, ATV tour melewati Lembah Waipio, bahkan tur berkeliling dengan helikopter. Ada banyak tur yang bisa diikuti di tempat ini dan saya jamin para penjelajah dunia pasti puas dengan berbagai kegiatan di dalamnya.

Di kota ini saya juga kerap bepergian bersama the cast member, salah satunya saat saya bersama dengan Vincent, Casey dan Jonathan membeli berbagai perlengkapan harian di Walmart. Di tempat ini jugalah Vincent memperkenalkan sekaligus pengalaman pertama berkunjung di salah satu resto cepat saji Taco Bell yang menyediakan makanan Meksiko.

Tempat Wisata di Hawaii

Bersama dengan Maya dan Agus

Selain bersama dengan The Cast Member, saya juga sering mengeksplorasi pulau ini bersama Joko dan berkunjung ke Pantai Kahaluu. Di Pantai Kahaluu inilah saya dan Joko sempat ditegur oleh penjaga pantai karena menyentuh, memeluk dan menarik kira-kura, sebuah pengalaman yang jangan ditiru oleh para penjelajah dunia.

Di Kota ini juga saya mengenal pertama kali Maya Milanowska dari Macedonia ketika saya berencana menyusuri Kailua-Kona. Ms, Zaandam adalah kapal pertama Maya dan dian bertugas di front office. Maya sering membantu saya di Ms. Zaandam ketika berhadapan dengan berbagai keluhan dari tamu.

Selain itu saya juga sering berkunjung ke salah satu toko bernama Rose. Toko ini banyak menjual pakaian-pakaian murah. Buat para penjelajah dunia yang ingin berbelanja pakaiansaat melakukan perjalanannya dan tidak ingin mengeluarkan uang banyak, tidak ada salahnya berkunjung ke Rose. 

Kota Kailua-Kona menyimpan berbagai pengalaman indah. Tidak hanya mengunjungi berbagai tempat wisata yang menarik atau sekedar belajar mengenai kebudayaan kaum Polynesia. Akan tetapi pengalaman di Kailua-Kona adalah pengalaman dimana saya juga mengenai orang-orang baru dan dekat dengan budaya yang baru.

Tempat Wisata di Hawaii

Captain Zodiac Tour

Salam, Jelajah Dunia

Advertisements

4 comments

  1. […] yaitu penerbangan selama 18 jam dari bandar udara Changi di Singapura ke bandar udara Newark di Amerika Serikat. Selama 18 jam itu terjadi lompatan dari daerah tropis yang berkelembaban tinggi ke sub tropis yang […]

    Like

  2. […] tidak hanya dikenal lewat kearifan budaya lokal dan keindahan pantai tetapi langit Hawai’i yang biru dengan udara yang bersih adalah salah satu keindahan yang tidak boleh dilewatkan ketika […]

    Like

  3. […] dan lain-lain. Akhirnya yang kita ingat adalah sebuah foto dengan latar belakang tulisan “Waikiki Beach” atau sebuah foto dengan gunung-gunung salju dibelakangnya karena kita sibuk untuk […]

    Like

  4. […] sebelumnya tidak pernah membayangkan bisa menikmati hangatnya matahari di kepulauan Hawai’i atau menikmati piña colada di Pulau Grand Turk. Saya hanya bermimpi dan berharap jika suatu […]

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s