Lompatan Mendebarkan di Langit Honolulu

img_1951

The Best Skydive Hawai’i

Hawai’i tidak hanya dikenal lewat kearifan budaya lokal dan keindahan pantai tetapi langit Hawai’i yang biru dengan udara yang bersih adalah salah satu keindahan yang tidak boleh dilewatkan ketika mengunjungi Kota Honolulu. Keindahan dan kearifan budaya lokal Hawai’i inilah yang menjadi daya tarik bagi para wisatawan untuk berkunjuk ke tempat wisata di kepulauan Hawai’i.

Akan tetapi bagaimana jika keindahan langit Honolulu dinikmati dari ketinggian 12.000 kaki di atas permukaan laut? Tentu hal ini akan sangat mendebarkan dan berbeda.

img_0009

Perlengkapan siap!

Honolulu tidak hanya terkenal dengan tempat wisata di Pantai Waikiki atau pun Pear Harbor yang bersejarah tetapi di tempat ini juga menawarkan salah satu pengalaman mendebarkan yaitu terjun payung. Di kota inilah saya melakukan lompatan pertama pada tahun 2008.

Tepat pukul 10.00 pagi, kami dijemput dengan shuttle bus menuju Skydive Hawai’i No Ka Oi atau dalam bahasa indonesia berarti Skydive terbaik di Hawai’i. Perjalanan dari Aloha Tower menuju Skydive Hawai’i membutuhkan waktu kurang lebih 45 menit. Skydive Hawai’i beralamatkan di 68-760 Farrington Hwy, Waialua, HI 96791.

Saya melakukan penerjunan ini bersama dengan teman-teman salah satunya Joko. Awalnya Joko mengajak saya untuk melakukan penerjunan. Akan tetapi mengingat sibuknya pekerjaan, saya saat itu belum membuat keputusan. Malam sebelum Ms. Zaandam tiba di Honolulu, akhirnya saya memutuskan untuk melakukan terjun payung.

Satu hal yang istimewa dari pekerjaan saya di kapal pesiar adalah saya bisa mengatur jadwa kerja sendiri. Jadi saya tidak perlu khawatir dengan jadwal yang ketat untuk bepergian menjelajahi tempat wisata di penjuru dunia.

img_0014

Menuju ke pesawat sebelum melakukan penerjunan

Fasilitas yang dimiliki oleh Skydive Hawai’i adalah fasilitas yang terbesar di seluruh negara bagian Hawai’i dan tempat ini adalah tempat sempurna untuk melakukan terjun payung yang mendebarkan karena dekat dengan tempat wisata pantai Mokuleia yang indah. Saya tiba di tempat ini sekitar pukul 11.30 siang dan disambut oleh para penerjun yang menyapa dengan ramah.

Siapa bilang untuk membuat keputusan melakukan terjun payung adalah hal yang mudah? Sebelum melakukan penerjunan, saya diwajibkan untuk menyaksikan tontonan yang mengerikan dan dijelaskan tentang berbagai resiko yang akan dihadapi.

img_0171

Ketika membuat keputusan untuk melakukan penerjunan, pertimbangan saat itu jangan berdasarkan gengsi semata tetapi memang harus dipikirkan dengan sungguh-sungguh. Sebelum memutuskan dan menandatangani keikutsertaan melakukan penerjunan, saya dijelaskan bahwa resiko yang dihadapi adalah kematian.

Ada banyak faktor seperti pesawat mengalami kecelakaan atau parasut gagal terbuka. Satu hal yang paling penting adalah, asuransi tidak menjamin jika saya mengalami kecelakaan. Inilah faktor-faktor yang membuat beberapa teman memutuskan untuk tidak ikut serta melakukan penerjunan.

Selain resiko, biaya yang dikeluarkan juga tidak murah. Berhubung saya melakukan penerjunan ini berombongan, kami mendapat potongan harga. Saat itu saya membayar sekitar USD 140 untuk lompatan tandom tanpa foto dan video. Jika menggunakan foto dan video, biaya bisa membengkak sampai USD 190.

Sebelum melakukan penerjunan, kami diminta untuk mengikuti beberapa instruksi seperti apa yang perlu kami lakukan saat keluar dari pesawat. Tangan harus disilang depan dada dan pada ketinggian tertentu dibuka. Akan tetapi satu hal yang perlu dipersiapkan dalam penerjunan adalah, apakah kita siap berhadapan dengan ketakutan.

img_0029

Sekitar pukul 13.oo, saya bersama dengan teman-teman menaiki pesawat capung. Pesawat ini tidak kalah menakutkan karena tidak memiliki jendela dan pintu. Pesawat mendaki sampai ketinggian 12.000 kaki atau sekitar 3.700 meter dari permukaan air laut.

Di ketinggian 12.000 udara mendadak dingin, jadi bisa dibayangkan siksaan mental yang saya hadapi saat itu. Saat sinyal dimulai penerjunan, saya tidak punya kesempatan untuk berpikir dua kali atau sekedar menarik napas, tiba-tiba saja penerjun dari pelakang langsung mendorong saya keluar badan pesawat.

Ketika keluar pintu pesawat, saya langsung berteriak dan tidak sedikit pun saya memejamkan mata, jika menutup mata rasanya rugi karena selain sudah membayar mahal, keindahan Pulau O’ahu dari ketinggian 12.000 kaki sulit untuk dilewatkan.

Pengalaman meluncur dari ketinggian 12.000 kaki, rasanya bola mata saya seperti mau keluar karena perbedaan tekanan udara. Pengalaman yang paling mendebarkan saat melakukan penerjunan adalah ketika saya keluar dari badan pesawat sampai parasut terbuka. Waktu itulah yang paling mengasikkan yaitu saat saya terjun bebas. Ketika parasut sudah terbuka, tantangannya sudah berkurang.

Saking menikmati pengalaman ini, saya sampai dijuluki orang gila oleh para penerjun senior saat itu. Satu hal yang tidak saya lupakan adalah, terjun payung itu membuat ketagihan dan rasanya saya ingin melakukan penerjunan seperti ini lagi.

img_1527

Skydive Hawai’i adalah salah satu pengalaman yang paling menantang yang pernah saya lakukan. Di sini saya menemukan sebuah pengalaman bahwa apa pun ketakutan terbesar dalam hidup, asal kita siap menghadapinya dan menjalaninya, pasti bisa dilewati dengan sukses.

Bagi para penjelajah dunia tentu akan selalu berhadapan dengan ketakutan dan resiko. Akan tetapi bayarannya pun sebanding, kita akan mengunjungi berbagai tempat wisata  di dunia sekaligus merasakan pengalaman yang belum tentu bisa dirasakan oleh orang lain.

Pengalaman untuk berhadapan dengan ketakutan adalah salah satu bekal dari berbagai pengalaman yang saya dapatkan ketika bekerja di Holland America Line. Tentu saja pengalaman ini akan sangat berguna untuk menjalani hari-hari selanjutnya.

 Salam, Jelajah Dunia

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: