Soused Herring, Kudapan Lezat dari Negeri Belanda

Mengunjungi Belanda tidak akan lengkap jika belum mencoba zoute haring met uitjes en zuur atau Soused herring. Soused herring atau maatjesharing atau hanya disebut maatjes dalam bahasa belanda adalah ikan herring muda yang telah dewasa yang direndam ke dalam sebuah cairan pengawet ringan biasanya garam atau cairan untuk membuat acar.

Proses pengolahan herring telah dikembangkan oleh orang Belanda sejak abad pertengahan. Herring ditangkap antara akhir bulan Mei dan awal bulan Juli di laut utara Samudera Atlantik dekat dengan Denmark atau Norway sebelum dimulainya musim kawin.

Di Belanda, soused herring pada umumnya adalah kudapan ringan yang biasanya disajikan mentah begitu saja atau dengan campuran irisan kecil bawang bombay. Ada juga yang menyajikannya bersama dengan roti dengan campuran irisan kecil bawang bombay dan acar, rasanya juga tidak kalah lezat.

Tidak terlalu sulit bagi saya untuk menemukan tempat yang menjual soused herring. Biasanya saya akan mencari tempat yang agak mencolok dengan hiasan merah, putih, biru atau  kios kecil yang biasanya menjual olahan laut segar.

img_2689

Saya telah mengunjungi negeri Belanda beberapa kali dan sedikit pun tidak pernah absen untuk mencoba makanan khas negeri kincir angin ini.

Cara menyantapnya sederhana, cukup dipegang bagian buntut ikan dan glek langsung kunyah dan telan. Biasanya buat orang yang ahli cukup satu kali gigit tapi saya membutuhkan dua kali gigitan untuk menghabiskan satu kudapan.

Lebih sedap lagi jika ditambah dengan irisan bawang bombay atau acar, maknyusss pasti bikin pingsan orang sekitar karena baunya aduhai banget. Soused herring yang menggunakan roti meski lezat tetapi saya lebih memilih menyantap langsung karena aroma ikan yang sangat kuat saat keluar dari hidung ketika menyantap adalah kelezatan tersendiri.

img_2398

Empat potong Zoute Haring hanya 9 Euro. Courtesy of Teun

Salam, Jelajah Dunia

Advertisements

2 comments

  1. […] 2014, saya melakukan perjalanan ke Belanda. Di sebuah kota kecil bernama Weijdenes di sebelah Utara Belanda, saya bersepeda melintas jalanan sepi dan damai. Sambil menghirup napas dalam, saya menikmati […]

    Like

  2. […] bisa menginap di Wijdenes dan Zwolle, merasakan keramahtamahan penduduk di pedesaan Belanda karena saya bisa menjaga sebuah hubungan yang sehat dengan orang lain, bukan karena hasrat seksual. […]

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: